Jumat, 12 Oktober 2012

10 PANGGILAN BUMI SETIAP HARI KAPADA MANUSIA


Anas Ibn Malik ra. Mengatakan: “Bahwasanya bumi itu setiap hari memanggil-manggil dengan 10 kalimat yaitu :
1.      Wahai anak Adam, kamu berjalan di atas punggungku dan kamu akan kembali ke dalam perutku.
2.      Kamu durhaka di atas punggungku dan kamu akan diseiksa dalam perutku.
3.      Kamu tertawa ria di atas punggungku dan kamu akan menangis di perutku.
4.      Kamu makan harta yang haram di atas punggungku dan kamu akan dimakan cacing tanah di dalam perutku.
5.      Kamu bergembira di atas punggungku dan kamu akan merasakan susah di dalam perutku.
6.      Kamu menumpuk-numpuk barang yang haram di atas punggungku dan kamu akan hancur di dalam perutku.
7.      Kamu berlagak sombong di atas punggungku dan kamu akan hina di dalam perutku.
8.      Kamu berjalan dengan senang di atas punggungku dan kamu akan jatuh susah di dalam perutku.
9.      Kamu berjalan di dalam cahaya di atas punggungku dan kamu akan duduk di dalam kegelapan di dalam perutku.
10.  Dan kamu berjalan dengan orang banyak di atas punggungku dan kamu akan duduk sendirian di dalam perutku.
Dalam suatu hadist lain disebutkan, sesungguhnya alam kubur  juga setiap hari memanggil-manggil tiga kali :
1.      Aku adalah rumah orang sendirian, yang penuh dengan kesusahan, kalajengking, dan ular.
2.      Aku adalah rumah kegelapan
3.      Aku adalah rumah cacing tanah
Dan apakah yang kamu persiapkan untuk menghadapiku ?
Ada yang mengatakan, sesungguhnya alam kubur itu memanggil-manggil sebanyak lima kali :
1.      Aku adalah rumah orang sendirian, maka jadikanlah aku sebagai temanmu yang jinak dengan memperbanyak membaca Alquran.
2.      Aku adalah rumah kegelapan, maka terangilah dengan shalat malam.
3.      Aku adalah rumah debu, maka bawalah tikar, yaitu dengan memperbanyak amal shalih.
4.      Aku adalah rumaah ular besar, maka bawalah penawar yaitu :
BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM
                        Dan mengalirnya air mata (karena rasa takut kepada Allah SWT).
5.      Dan aku adalah rumah pertanyaan Malaikat Munkar dan nakir, makaperbanyakklah di atas punggungku dengan memperbanyak bacaan :
LAA ILAAHA ILLALLAH  MUHAMMADURRASULULLAH
Supaya kamu bisa  menjawab pertanyaan –pertanyaan itu.

Wallahu a’lam.
Sumber            : Kitab DAQOOIQUL AKHBAR
                                      PENCIPTAAN NUR MUHAMMAD
                                     Oleh : Ust. Labib MZ



Tidak ada komentar:

Posting Komentar