Jumat, 24 Februari 2012

APAKAH JIN JUGA MASUK SURGA ?


            Ada sementara orang yang berpendapat bahwa jin, jika  muslim, beriman dan mengerjakan amal saleh, tidak memperoleh pahala di hari kiamat kecuali terhindar dari neraka. Yang lebih mengherankan lagi adalah pendapat yang mengatakan bahwa akhir kehidupan mereka adalah menjadi debu seperti binatang.
            Padahal Al-Qur-anul Karim telah menegaskan setegas-tegasnya, sebagaimana Allah menjelaskan tentang para bidadari, dengan mengatakan: “ Di dalam surga itu terdapat bidadari-bidadari yang menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh sebelumnya, oleh jin maupun manusia (QS. Ar-Rahman: 55-56).
            Imam Al-Qurthubi dalam tafsirnya mengatakan, “ Di dalam ayat ini terdapat petunjuk yang menyatakan bahwa jin, sebagaimana halnya manusia, juga mati, lalu masuk surga. Untuk mereka disediakan jin-jin perempuan (bidadari-bidadari jin).” Dhamrah mengatakan, “ Kepada mereka disediakan bidadari-bidadari: bidadari-bidadari manusia untuk manusia, dan bidadari jin untuk jin.”
            Mari kita renungkan firman Allah SWT yang berbunyi ; “ Wahai golongan jin dan manusia, apakah belum datang kepada kalian rasul-rasul dari golongan kalian sendiri, yang menyampaikan kepada kalian ayat-ayat-Ku, dan mengingatkan kalian akan pertemuan hari ini ? Mereka berkata, “ Kami menjadi saksi atas diri kami sendiri.” Kehidupan dunia ini telah menipu telah menipu mereka, dan mereka menjadi saksi atas diri mereka sendiri bahwa mereka adalah orang-orang kafir. Yang demikian itu karena Tuhanmu tidaklah membinasakan negeri-negeri secara aniaya, melainkan penduduknya telah lalai. Dan masing-masing orang akan memperoleh derajat seimbang dengan apa yang dikerjakannya. Dan Tuhanmu tidak lalai atas apa yang mereka kerjakan. (QS. Al-An’am: 130-132).
            Terhadap firman Allah yang berbunyi:, “ Dan masing-masing memperoleh derajat seimbang dengan apa yang dikerjakannya, Al-Qurthubi mengatakan : “ Maksudnya adalah dari golongan jin dan manusia, sebagaimana firman Allah dalam ayat lain yang berbunyi, “ Mereka itulah orang-orang yang telah ditetapkan (untuk mengalami siksa) diantara umat-umat terdahulu sebelum mereka dari kalangan jin dan manusia. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang merugi. Kemudian, dilanjutkan, dan bagi masing-masing diberikan derajat sesuai apa yang mereka kerjakan, agar mencukupkan bagi mereka (balasan) pekerjaan-pekerjaan mereka, sedang mereka tiada dirugikan (QS. Al-Ahqaf: 18-19). Di dalam ayat ini terdapat bukti bahwa jin yang taat akan masuk surga, dan yang maksiat akan masuk neraka, persis manusia. Inilah pendapat yang tampaknya lebih sahih, karena itu ketahuilah.”
            Imam Ibn Al-Qoyyim menuturkan bahwa jumhur ulama’ menyatakan bahwa jin mukmin itu masuk surga, sebagaimana halnya yang kafir masuk neraka. Wallohu a’lam.

Source : Dialog Dengan Jin Muslim
              Muhammad Isa Daud 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar