Selasa, 02 Oktober 2012

DELEGASI JIN

Itulah awal mula jin mengenal risalah Muhammad saw., yaitu saat sekelompok jin mendengarkan Alquran tanpa sepengetahuan Rasulullah saw., lantas mereka beriman, dan kembali ke kaumnya sebagai dai yang mengajak kepada petunjuk Allah swt.

            Setelah itu, delegasi jin datang untuk belajar kepada Rasulullah saw. Beliau meluangkan waktunya untuk mereka, mengajari mereka ilmu yang diajarkan oleh Allah SWT, membacakan Alquran, dan menyampaikan berita-berita dari langit. Hal ini terjadi di kota Mekkah sebelum hijrah.
            Imam Muslim dalam kitab Shahihnya, dan dan Imam ahmad dalam Musnadnya meriwayatkan cerita Al-qamah :
            Saya bertanya kepada ‘Abdullah bin Mas’ud, “Apakah ada seseorang yang menemani Rasulullah saw pada malam peristiwa jin ?” Dia menjawab, “Tidak ada seorang pun yang menemani beliau. Kami kehilangan beliau pada malam itu di kota Mekah, hingga kami bertanya-tanya;apakah beliau terbunuh? Terbang? Apa yang dilakukannya? Beberapa orang dari kami tidak tidur sampai pagi. Ketika pagi tiba, tiba-tiba kami melihat beliau datang dari Gua Hira. Kami menanyakan yang terjadi malam itu dan menceritakan kecemasan kami kepada beliau. Beliau menjawab, ‘Seorang dai dari golongan jin mendatangiku. Lalu saya mendatangi mereka dan kubacakan Alquran kepada mereka.’ Lalu Rasulullah saw. pergi dan menunjukkan kepada kami jejak para jin dan bekas perapian mereka.”
            Peristiwa semacam itu terjadi pada malam itu saja. Setelah peristiwa tersebut, Rasulullah saw. sering bertemu dengan jin. Ketika menafsirkan surat Al-Ahqaf (6), Ibn Katsir menyebutkan sejumlah hadist yang menceritakan pertemuan Rasulullah dengan jin, dan dalam sebagian hadist tersebut disebutkan bahwa Ibn Mas’ud di dekat Rasulullah saw. pada salah satu malamnya.
Wallahu a’lam.
Sumber : Dr. Umar Sulaiman Al-Asyqar
JIN, SETAN, dan IBLIS Menurut Alquran dan Sunah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar