Kamis, 11 Oktober 2012

BAGAIMANA CARA MALAIKAT IZRAIL MENCABUT RUH




Dalam kitab “As-Suluki” diterangkan dari Muqatil Ibn Sulaiman, sesungguhnya Malaikat Izrail itu mempunyai  tempat tidur (ranjang) yang terletak di langit ke tujuh, ada yang mengatakan terletak pada langit yang keempat. Dalam menciptakan Malaikat Maut (Izrail) Allah swt menjadikannya dari Nur, ia mempunyai 70.000 kaki, dan mempunyai empat 4000 sayap, yang seluruh tubuhnya dipenuhi dengan beberapa mata dan lisan, sehingga tidak satupun makhluk dari anank Adam as., burung-burung dan semua yang mempunyai nyawa kecuali berada dalam pengawasannya. Dan di dalam Malaikat Izrail terdapat wajah, mata, tangan, dan telinga yang jumlahnya menurut bilangan seluruh manusia, maka ia mencabut ruh dengan tangan itu, dan ia melihat dengan wajahnya yang bisa tepat pada muka manusia. Demikianlah cara malaikat Izrail mencabut nyawa para makhluk dalam setiap tempat. Apabila seseorang telah meninggal dunia, maka hilanglah cahaya dari wajah orang tersebut.
Dan dalam riwayat lain diterangkan bahwa sesungguhnya Malaikat Izrail itu mempunyai empat wajah, yaitu wajah di mukanya, wajah di atas kepalanya, wajah dipunggungnya dan wajah di kedua telapak kakinya. Maka ia mencabut Ruh para Nabi dan para Malaikat dari wajah yang berada di atas kepalanya, mencabut ruh orang-orang mu’min dari wajah yang berada di mukanya, ketika ia mencabut ruh orang-orang kafir dari wajah yang berada di punggungnya dan ia mencabut ruh para jin dari wajah yang berada di kedua telapak kakinya. Salah satu kaki dari malaikat Izrail berada di tepi neraka jahannam, sedang yang lain berada di atas ranjang dalam surga.
Dikatakan pula dalam riwayat lain, “seungguhnya Malaikat Izrail tidak akan turun kecuali kepada para nabi dan para Rasulnya. Malaikat Izrail tersebut mempunyai khalifah untuk mencabut nyawa binatang buas dan binatang-binatang lain. Apabila Allah swt melenyapkan makhluk-Nya dari golongan manusia atau dari golongan lain, maka Allah swt mata yang berada di jasad malaikat Izrail semuanya dan tinggallah delapan makhluk, mereka itu adalah : Malaikat Israfil as, Malaikat Mikail as, Malaikat Jibril as., Malaikat Izrail as., dan empat malaikat yang menguasai Arsy.
Wallahu a’lam.
Sumber            : Kitab DAQOOIQUL AKHBAR
                                      PENCIPTAAN NUR MUHAMMAD
                                     Oleh : Ust. Labib MZ



           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar